Thursday, November 18, 2010

Drama Dong Yi vs Drama Jang Hee Bin

(maaf gak ada gambar)

ternyata drama saeguk dong yi bukanlah drama pertama yang membahas tentang kehidupan Raja Sukjong dan selirnya.tetapi masih ada 3 drama yang membahas hal yang sama,tapi dalam sudut pandang yang berbeda.

Maksud judul diatas itu bukan dong yi vs jang hee bin,tetapi drama yang mengangkat 2 kehidupan mereka (sy rasa ada yang gak ngerti,hehehehe)

1.drama saeguk "Dong Yi"
drama MBC yang tamat belum lama ini menceritakan tentang kehidupan Dong yi dari kecil hingga dia diangkat menjadi selir dan permaisuri raja sukjong.juga menceritakan perlawanan dong yi dan jang hee bin.

2.drama Jang hee bin
drama tahun 2003 yang ditayangkan KBS2 ini menceritakan yang sebaliknya dari drama dong yi.bisa disesuaikan dengan judulnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya,ada 4 drama saeguk korea yang semuanya membahas tentang kehidupan dinasti joseon selama pemerintahan raja sukjong.tapi saya hanya mengambil 2 drama 'dong yi' dan 'jang hee bin' karena alasan berikut :
-alasan pemain
-judul yang terkait
-jumlah episode

NB :
saya gak nonton drama saeguk 'jang hee bin',jadi kalau ada info yang salah tolong dimaklumi.aku juga udah mencoba cari jalan cerita drama ini,tapi gak ada yang pake bahasa indonesia hehehehe.

*perbedaan dong yi dan jang hee bin :
-dong yi diperankan oleh han hyo joo.sedangkan di drama jang hee bin,choi suk bin atau dong yi diperankan oleh park ye jin (memories of bali,queen seondeok)
-jang hee bin diperankan oleh kim hye soo (style).sedangkan di dong yi,lady jang hee bin atau jang ok jung diperankan oleh lee na young (mianhe kalo salah,bnr2 lupa sm nm pmainnya)
-di dong yi,raja sukjong diperankan oleh ji jin hee.sedangkan di jang hee bin,raja sukjong diperankan oleh (lupa nmnya,yg jls jd raja geum wa di drama sukjong)
-drama dong yi sebanyak 60 episode,sedangkan drama jang hee bin sebanyak 100 episode.
-bandingkan sendiri,hehehehe.

Pemain kdrama jang hee bin,aneh-aneh ya.bagi yang udah nonton,mana yang bagus ???????

5 comments:

Anonymous said...

sebelum jang hee bin (2002) dan dong yi (2010) ada queen inhyeon (1988) dan jang hee bin (1995). semua drama itu emang tentang selir raja sukjong, dengan sudut pandang sesuai judulnya.
kalo menurut saya perbedaan paling mencolok dari jubah adalah jang hee bin(2002), tapi kalo dari segi cerita dong yi yang paling beda dan melenceng.
saya udah nonton jang hee bin(2002) sama dong yi(2010). dong yi memang dipoles dengan fiksi-fiksi yang bikin ceritanya makin seru tapi nggak terlalu merubah tokoh dan waktu sesuai sejarah aslinya. mungkin ini juga disebabkan kurangnya catatan sejarang tentang selir choi sukbin. dari segi cerita paling seru menurut saya dong yi, mungkin karena sudah ditunjang sarana yang makin mutakhir dan menurut saya juga karena tokohnya han hyo joo termasuk tokoh yg fresh buat saeguk drama pada waktu itu. tapi kalo dibandingkan sama jang hee bin(2002) saya lebih suka dari segi penokohan sukbin yang bener-bener nunjukin bahwa dia setara dengan heebin, jadi hormat menghormati sudah tidak ada lagi. dalam drama dong yi, hormat menghormatinya lebih terkesan kaku.
dari semua itu menurut saya perlu ada lagi saeguk dengan sudut pandang ratu inwon, dan terutama raja sukjong. cerita raja sukjong memang tidak lepas dari selir-selirnya yang menonjol.

Anonymous said...

Ada yg tau ga dmn yg jual dvd jangheebin????pengen bgt beli tp susah

Deddy Priyanto said...

Sekarang ada jang ok jung diperankan oleh kim tae hee
Ceritanya seru....
Tp sejarahnya kok makin bertentangan y antara dong yi dan ok jung

Rajif Luis said...

Pengen beli DVD nya jang hei bin 2002 info dong 082310785668
gw penggemar berat dong yi
jang ok jung kesel nonton nya

firda ayu wibowo said...

Saya lebih suka film jang ok jung karena menurut saya itu yg di rasa hampir mendekati seperti yg di tuliskan dlm sejarah, sementara kalau Dong Yi pendapat pribadi saya sendiri itu terasa melenceng dan terlalu di bumbui oleh hal2 yg sebenarnya tidak ada dlm sejarah aslinya